top of page

PESANTREN RAMADHAN mempererat ukhuwah PPG UNJ IV

Pada dasarnya kita sudah terbiasa mendengar istilah “Pesantren Ramadhan”. kegiatan positif yang mampu menumbuhkan nilai-nilai positif dalam beragama islam, bersosial serta berbudaya. Dan pada tanggal 18-19 Juni 2016, PPG Universitas Negeri Jakarta (UNJ) angkatan IV melaksanakan serangkaian kegiatan tersebut dengan berbagai jenis acara seperti; Sholat Dhuha bersama, berbagai tausyiah penyejuk hati, Nasyid, buka puasa bersama, lomba keagamaan (Cerdas Cermat Islami dan Kultum), dan ditutup oleh kegiatan santunan anak yatim. Perlombaan islami ini di ikuti oleh semua program studi yang hidup bersama di rusunawa PPG UNJ.

Kegiatan ini di ikuti oleh semua peserta PPG UNJ dari SM3T, PPGT serta Kaimana untuk menambah erat ukhuwah islam. Semua antusias dalam kegiatan tersebut. Tausyiah mengandung nilai-nilai dasar islami dan mengenal islam lebih jauh oleh Ustadz Khairul Imam.

Materi tausyiah tersebut digunakan sebagai isi dari pertanyaan-pertanyaan yang ada dalam perlombaan cerdas cermat islami. Lomba cerdas cermat islami PPG UNJ IV ini, dimenangkan oleh Biologi (Juara 1), PJKR (Juara 2) dan Matematika (Juara 3).

Lomba kultum sebagai lomba pendamping mampu menumbuhkan potensi dakwah islami dari peserta yang ingin mendalami bakat dan keterpanggilannya akan pentingnya nilai-nilai keagamaan islam. Lomba ini bukan hanya mencari yang terbaik, namun penghargaan terpilih hanya sebagai simbol dari persiapan peserta lomba kultum yang sudah berlatih hingga bisa menyampaikan wawasan islami dengan baik. Perlombaan kultum dimenangkan oleh B. Inggris (Juara 1), PPGT 2 (Juara 2) dan PJKR (Juara 3)

Serangkaian kegiatan tersebut yang sudah tersusun sistematis, antusiasme dari berbagai ruang lingkup, di tutup dengan menjelang buka puasa serta santunan anak yatim di usia dini, dalam santunan ini bukan hanya memberikan bantuan saja. Namun, banyak motivasi positif untuk kita sebagai acuan tolak ukur menumbuhkan dan mengimplementasikan nilai-nilai agamis. Dan pada akhirnya, semoga berbagai kegiatan yang terlaksana dalam “Pesantren Ramadhan” ini melekat pada diri kita masing-masing, dan selalu mengingat janji Allah akan nikmat syurga yang di mimpikan, insyaAllah kita semua dalam lindungan-Nya. Amin.


Featued Posts 
Recent Posts 
bottom of page